Polkam dan HAM

Anies-Sandi Pemenang Versi Hitung Cepat

Rabu, 19 April 2017 16:05 WIB Penulis: Damar Iradat

ANTARA/M AGUNG RAJASA

HASIL sementara hitung cepat versi hampir semua lembaga survei menyebut pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno unggul jauh di atas Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat. Perolehan suara Ahok-Djarot disebut sulit untuk menyalip Anies-Sandi.

Indobarometer mencatat, hingga suara masuk 91%, Anies-Sandi memperoleh suara 59,22% dan Ahok-Djarot 40,78%. Lalu Charta Politika mencatat Anies-Sandi 58,32%, sedangkan Ahok-Djarot 41,68% dengan data yang sudah masuk mencapai 91,5%. Begitu pula dengan Populi Center yang menyebut Anies-Sandi unggul dengan 58,18% dan Ahok-Djarot 41,82%.

Direktur Populi Center Usep Ahyar mengatakan jika berkaca dari pengalaman, bila suara hasil hitung cepat sudah mencapai 40% ke atas, biasanya hasil hitung cepat relatif stabil dan tidak banyak perubahan.

"Agak susah (berubah), karena 40% ini menurut pengalaman kami relatif stabil," kata Usep di Kantor Populi Center, Jakarta, Rabu (19/4).

Usep menambahkan, hasil hitung cepat sementara ini menggambarkan hasil sigi beberapa lembaga survei beberapa waktu lalu. Populi Center juga mengklaim sempat mencatat kemenangan pasangan Anies-Sandi dalam sigi yang tidak mereka keluarkan.

Selain itu, hasil hitung cepat sementara ini juga tidak jauh berbeda dari hasil exit poll yang dilakukan oleh Populi Center. Dengan sampel sekitar 2.000 responden di 500 TPS, pasangan Anies-Sandi memperoleh 53,25%, sementara Ahok 33,5%.

"Jadi, memang hasil quick count ini mengonfirmasi dari exit poll dan mengonfirmasi hasil-hasil survei," tutup dia. (MTVN/X-12)

Komentar