Sepak Bola

Barcelona kembali Jalani Misi Mustahil

Rabu, 19 April 2017 08:20 WIB Penulis: Nurul Fadillah

Ist

HANYA sebulan setelah membuat keajaiban di Nou Camp, Barcelona kembali ditantang untuk menuntaskan misi mustahil. Kali ini Juventus harus mereka langkahi dalam leg kedua perempat final Liga Champions, Kamis (20/4) dini hari WIB.

Skuat besutan Luis Enrique itu wajib menang setidaknya dengan skor 4-0 atas wakil Italia tersebut setelah mereka kalah 0-3 dalam pertarungan leg pertama di Turin, pekan lalu. Meski laga nanti bakal sulit, apalagi karena Juve ialah tim dengan pertahanan terbaik di Eropa saat ini, Barca pernah membuktikan tidak ada yang mustahil dalam sepak bola.

Di babak 16 besar Liga Champions tahun ini, mereka mampu membalikkan defisit 0-4 dari Paris Saint-Germain lewat kemenangan 6-1 di Nou Camp sehingga mereka melaju ke babak delapan besar dengan agregat 6-5. Salah satu ujung tombak Blaugrana, Neymar, percaya timnya bisa mengulang comeback yang sama kali ini. “Kami pernah melakukan hal yang mustahil dan kami akan melakukannya lagi. Jika semua berjalan lancar, kami pastikan bakal ada comeback kedua,” tandas pemain asal Brasil itu.

Tahun ini, Barcelona membuktikan diri sebagai tim yang garang di depan publik sendiri. Selain menang atas PSG, mereka mampu unggul dengan skor besar atas Celtic, Manchester City, dan Borussia Moenchengladbach.

Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri, juga sudah pernah merasakan keangkeran Nou Camp ketika masih membesut AC Milan. Pada fase 16 besar Liga Champions 2012-2013, i Rossoneri menang 2-0 di kandang sebelum akhirnya tersingkir karena kalah 0-4 di Catalonia dalam leg kedua.

Meskipun demikian, rapuhnya lini belakang Barcelona bakal menjadi gangguan penyerang yang tengah berkonsentrasi untuk mencetak angka. Dalam tiga pertandingan terakhir, mereka sudah kebobolan tujuh bola. “Level kepercayaan diri kami sedang tidak kondisi terbaik,” ungkap bek Gerard Pique.

Dybala

Salah satu hal yang menjadi perhatian Juventus jelang pertemuan kedua ini ialah kondisi Paulo Dybala. Pencetak dua gol di leg pertama itu mengalami cedera tumit saat membela tim dalam lanjutan Seri A melawan Pescara, akhir pekan lalu.

Namun, Dybala sudah terlihat berlatih bersama rekan-rekannya sejak Senin (17/4).

Pemain yang dijuluki penerus Lionel Messi itu pun menegaskan dirinya siap kembali bermain di Nou Camp.

“Hari ini saya berlatih dengan tim dan akan tampil 100% di Nou Camp. Kejadian yang menimpa PSG akan menjadi pelajaran yang berharga bagi kami,” kata pemain asal Argentina itu.

Lini yang paling akan diuji di pertandingan malam nanti tentu ialah barisan belakang. Klub berjuluk ‘Nyonya Tua’ itu dituntut mempertahankan predikat sebagai tim dengan pertahanan terbaik di Eropa.

Dari sembilan laga Liga Champions musim ini, Juve baru kebobolan total dua gol dengan terakhir kali jala Gianluigi Buffon mampu ditembus lawan di level Eropa ialah pada Oktober 2016 lalu.
“Kami solid di belakang, tapi kami juga akan berangkat ke Nou Camp dengan misi mencetak gol,” tandas striker Gonzalo Higuain. (AFP/R-4)

Komentar