Foto

Demi Pendidikan Berkualitas

Ahad, 16 April 2017 00:15 WIB Penulis: Ramdani

MI/Ramdani

ISAK tangis dan senyum lebar bergantian hadir dalam wisuda di Tampere University, Finlandia, Jumat (7/4). Tidak hanya di wajah wisudawan, raut bangga juga terpancar dari wajah tokoh nasional yang juga Pendiri Yayasan Sukma Surya Paloh, Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya, hingga Duta Besar RI untuk Finlandia Wiwiek Setyawati Firman.

Wisuda tersebut memang istimewa karena ke-30 wisudawan ialah guru-guru Sekolah Sukma Bangsa, Aceh. Pendidikan setingkat master yang telah mereka tempuh selama 18 bulan di negara berjuluk ‘Daratan Matahari Tengah Malam’ itu merupakan program kerja sama Yayasan Sukma dengan konsorsium tiga universitas terkemuka di sana, yakni Tampere University, Turku University, dan Eastern Finland University.

“Tiga puluh guru yang lulus hari ini akan menjadi pelopor penyebaran pendidikan berkelanjutan yang berkualitas. Setelah ini mereka akan bekerja lagi sebagai guru di Sekolah Sukma Bangsa di Aceh. Mereka juga akan melakukan penelitian dan pengembangan program, desain, memfasilitasi kegiatan pelatihan guru, dan membangun jaringan dan kerja sama dengan berbagai pihak,” ujar Surya dalam pidatonya.

Ketua Yayasan Sukma Rerie Lestari Moerdijat, yang juga menghadiri wisuda, menjelaskan Finlandia dipilih karena perspektif pendidikan yang dinilai memiliki keunggulan khusus. Pendidikan di negara tersebut menekankan identitas profesional guru, otonomi, serta kolaborasi di tingkat sekolah.

Keunggulan-keunggulan itu diyakini dapat dipelajari para guru asal Aceh sehingga dapat mendorong perubahan pendidikan dengan melibatkan kapasitas lokal.

Tidak hanya di Aceh, Yayasan Sukma berencana menularkan kesuksesan pendidikan di Aceh ke daerah lain di Indonesia seperti Papua, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi, Kalimantan, termasuk kawasan-kawasan di perbatasan. Dari pendidikan berkualitas, akan semakin banyak generasi penerus yang terdidik dan andal di Tanah Air. (M-3)

Komentar