Travelista

Pesona Pinus, Air, dan Batu

Ahad, 9 April 2017 06:01 WIB Penulis: Dede Susianti

MI/Dede Susianti

Jalan-jalan ke Bogor yuk! Kali ini jangan cuma mengagendakan Bogor Kota. Mari jelajahi wilayah kabupatennya yang eksotis.

Pada Selasa (7/3) hingga dua hari ke depannya, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bogor memamerkan potensi panorama wilayah Bogor Timur pada jurnalis. Kami menjelajah curug, penangkaran rusa, wahana air dan objek wisata Gunung Pancar. Ini kisahnya!

Curug Cipamingkis, jembatan cinta hingga rumah pohon

Curug Cipamingkis menjadi titik awal penjelajahan kami. Curug dalam bahasa Sunda dan Jawa bermakna air terjun. Lokasi curug ini dimiliki Perum Perhutani, di Desa Warga Jaya, Kecamatan Sukamakmur, berbatasan dengan Kabupaten Cianjur.

Di sekitarnya, ada satu curug yang juga telah dikelola, yaitu Ciherang dan empat lainnya masih perawan, yaitu Cibeureum, Cisarua, Arca serta Cibeet.

Memasuki Curug Cipamingkis, pengunjung harus membayar tiket masuk Rp16.500. Selain bermain air dan menikmati panorama hijau, tersedia pula area berkemah serta perahu. Ada pula fasilitas pelengkap yang serba kekinian, pun instagramable, pun lazim ditemui di destinasi-destinasi lain, sengaja dibangun buat memikat pelancong yang gemar berfoto, yaitu rumah pohon, jembatan cinta, taman Baratayuda stones garden hingga kolam terapi ikan yang semuanya berdekatan. Bahkan, aksesnya pun terbilang bersahabat, motor, mobil bahkan bus bisa masuk ke Cipamingkis.

Kepala Resort Pemangkuan Hutan (KRPH) Cipamingkis, Endang Kusmaya menjelaskan, dari Cibinong, curug ini bisa ditempuh dari Sentul-Babakan Madang-Sukamakmur dengan jarak tempuhnya sekitar 40 km.

Gunung Pancar, pinus, dan batu eksotis

Perjalanan selanjutnya, kami menuju Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Pancar di Kampung Ciburial, Desa Karang Tengah, Babakan Madang. Di area seluas 447,5 hektare itu, pelancong bisa puas menikmati kesejukan dan kehijauan hutan pinus. Selain area berkemah, ada jalur buat treking, bersepeda downhill, berfoto prewedding hingga beraktivitas outbond.

Saya menikmati betul bukit batu hijau. Ada hamparan batu-batu unik berukuran besar nan hijau. Masih panorama batu, ada juga Bukit Batu Gede, juga hutan pinus dengan batu-batu yang sangat besar menghampar. Selain itu, ada lembah hijau, lembah pakis serta bukit batu pandan. Istimewanya, tersedia toilet dalam jumlah banyak, 18 pintu di sini hingga pendopo alias function hall bergaya klasik yang bisa disewa.

Berjumpa rusa di Tanjung Sari

Berjalan ke ujung bagian timur Kabupaten Bogor, kami tiba di Tanjung Sari. Di sini, penangkaran rusa jadi primadonanya.

Lokasinya di Kampung Nanggung, Desa Buana Jaya. Menuju destinasi nini, pengunjung harus melewati jembatan gantung yang membentang di atas Sungai Cibeet sebelum sampai di area milik Perhutani yang kini berstatus hutan perlindungan. Total luasnya 3.000 hektare, tapi baru sekitar 5 hektare yang dikelola. Penangkaran berdiri sejak 1984, tapi dikembangkan sebagai objek wisata pendidikan penangkaran rusa pada 2002.

"Awalnya ada 34 rusa di RPH Cariu ini. Tapi karena keberadaannya di sini terancam hewan pemangsa jadi dipindahkan atau ditangkarkan di Cikole, Ciwidey, Kabupaten Bandung," kata Ajum salah satu pengelola penangkaran tersebut.

Rusa-rusa di sini terdiri atas Rusa Jawa (Timorensis), Bawean (Axis kuhlil) dan Rusa Totol (Axis axis). Di sini, pengunjung bisa langsung berinteraksi dengan rusa tanpa batas, langsung ke habitat mereka, bermain dan memberi makan. Meski masih bersahaja, fasilitas sudah tersedia. Ada pula warung-warung buat bersantai dan bersantap dengan orang-orang tersayang, sambil menikmati panorama pinggir sungai Cibeet.

Danau dan wahana air di Mekarsari

Kini, saatnya menikmati Danau Cipicung Mekarsari, terletak di area Water Kingdom Mekarsari, Cileungsi. Danau ini punya jembatan kuning yang membentang sebagai aksen. Ada perahu naga yang bisa disewa di sini.

Jika hasrat sudah berbasah-basahan sudah muncul, mari masuk ke Water Kingdom seluas 5,6 hektare yang diklaim sebagai wahana petualangan air terluas se-Asia. Wahana ini dibuka pada 12 pada Desember 2012 dengan 12 permainan mulai boomerang slide, racer slide, raft slide, lazy river, wave pool, serta futsal fountain.

Ada juga fasilitas bermain bagi balita serta anak, mulai kiddy pool, toddler pool dan octopus splash pool. Buat mengisi energi, ada Rumah Air, restoran dengan saung dan kolam ikan di tengahnya. (M-1)

Komentar