Megapolitan

Sandi Janjikan OK OCE Dorong Kredit bagi UMKM

Rabu, 6 December 2017 10:15 WIB Penulis: Mal/J-4

ANTARA/M Agung Rajasa

TINGKAT penyaluran kredit permodalan bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Jakarta masih tergolong rendah yakni hanya 8%. Masih banyak UMKM potensial belum tersentuh bantuan permodalan.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan program OK OCE akan dimanfaatkan untuk mendorong UMKM agar bisa tersentuh penyaluran kredit bank.

"Lewat OK OCE kami dorong wirausaha. Ada 44 kecamatan yang masyarakatnya bisa memulai kewirausahaan," kata Sandi di acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia Wilayah DKI Jakarta, kemarin.

Pada praktiknya nanti, program itu akan melibatkan pihak perbankan sebagai pemberi bantuan permodalan lewat kredit.

"Pemprov enggak punya dana untuk biayai ini semua. Ini yang punya dana perbankan. Oleh karena itu, kami minta tidak hanya Bank DKI, tapi semua bank supaya semakin banyak UMKM yang punya akses permodalan," ujar Sandi. Sementara itu, Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta (BI DKI) menyatakan rendahnya tingkat penyaluran kredit UMKM disebabkan proses penyaluran itu harus selektif.

"Jadi bukan tidak mau (menyalurkan kredit), tapi pihak bank ini kan berhati-hati, bank-bank besar misalnya tidak bisa mencari mana UMKM yang menurut mereka laik dan bagus. Tidak salah juga karena mereka hati-hati, kan," kata Kepala Perwakilan BI DKI Jakarta Doni P Joewono pada acara tersebut.

Dia percaya pada dasarnya banyak pelaku UMKM di DKI Jakarta yang laik mendapatkan bantuan kredit. Hanya, menurutnya, mereka belum tersentuh oleh pihak bank. Dia mengakui pihak perbankan belum berhasil menjangkau banyak UMKM potensial.

"Seperti Mansur di Kepulauan Seribu. Beliau bisa hasilkan Rp1 miliar setahun dengan bisnis ikan kerapu dan itu pakai modal sendiri. Itu saya sengaja tunjukan video tentang Pak Mansur di depan perbankan supaya bankir tahu ada yang kayak gitu yang layak dapat kredit," ungkapnya. Untuk itu, pihaknya berharap Pemprov DKI, melalui program OK OCE, bisa merekomendasikan nama-nama UMKM yang potensial dan laik mendapatkan kredit permodalan.

"Pak Sandi mohon nanti dibantu dengan program OK OCE, kami harapkan mereka (pelaku UMKM) bisa diperkenalkan ke bank-bank," ucapnya.

Komentar