Nusantara

Warga Yogyakarta Gelar Aksi Solidaritas untuk Rohingya

Kamis, 7 September 2017 18:33 WIB Penulis: Ardi Teristi Hardi

MI/Ardi Teristi Hardi

WARGA Yogyakarta menggelar aksi solidaritas terhadap kekerasan terhadap etnis Rohingya di Rakhine, Myanmar. Peserta aksi yang mengatasnamakan Aliansi Mahasiswa dan Masyarakat untuk Kemanusiaan (AMMUK) melakukan aksi orasi dan teatrikal di titik 0 kilometer.

Bagus Suryanto, salah seorang peserta aksi, menyampaikan aksi tersebut sebagai bentuk solidaritas dan mengajak masyarakat peduli terhadap kekerasan terhadap warga Rohingnya di Myanmar.

Ada lima poin pernyataan sikap yang ingin disampaikan melalui aksi ini. Pertama, mengutuk keras tindakan genosida terhadap etnis Rohingya di Myanmar. Kedua, mengapresiasi dan mendukung penuh upaya pemerintah Indonesia dalam menyelesaikan dan menghentikan kejahatan kemanusiaan di Myanmar.

Ketiga, mengutuk semua oknum pelaku kejahatan kemanusiaan agar diseret dan dituntut sebagai aktor intelektual genosida ke Mahkamah Internasional. Keempat, mereka juga mendesak PBB dan negara-negara ASEAN agar terlibat aktif dalam penyelesaian kejahatan kemanusiaan di Myanmar.

Terakhir, AMMUK juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia agar tidak terprovokasi dan mengajak masyarakat Indonesia menggalang dana dan doa untuk mereka yang menjadi pengungsi dan korban kejahatan kemanusiaan. (OL-2)

Komentar