Nusantara

Gempa 6.0 SR Guncang Gorontalo Warga Panik Berhamburan keluar Rumah

Sabtu, 15 July 2017 20:29 WIB Penulis: MIOL

ANTARA

GEMPA berkekuatan 6,0 Skala Ricther (SR) mengguncang Boalemo, Gorontalo. Gempa terjadi pada pukul 19.12 WIB).

Dalam laman Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) disebutkan bahwa gempa berkekuatan 6,0 SR itu tepat terjadi di Minahassa Peninsula, Sulawesi dengan lintang 0,41 LU dan bujur 122,05 BT dan kedalaman 100 km.

Gempa terjadi di 40 km barat daya Boalemo, Gorontalo dan 49 km tenggara Pohuwato, Gorontalo serta 1843 km Timur Laut Jakarta.

Gempa tersebut dipastikan tidak berpotensi tsunami. Hingga berita ini diturunkan, belum ada informasi terkait kerusakan rumah warga, fasilitas, atau korban luka dan meninggal dunia.

Akibat gempa, seperti diinformasikan oleh posko BNPB, guncangan gempa dirasakan di beberapa tempat. "Gempa terasa kuat di Kabupaten Bualemo, selama 3-5 detik dan warga sempat panik dan berhamburan keluar rumah.

Gempa juga sempat terasa kuat di Kabupaten Gorontalo Utara. Guncangan sempat dirasakan selama tujuh detik. Akibatnya, warga panik dan berhamburan keluar rumah.

Berdasarkan analisis, peta gempa dirasakan gempa memiliki intensitas II SIG BMKG (IV MMI) di Bone Bolango, Kota Gorontalo, dan Kabupaten Gorontalo; II SIG BMKG (III-IV MMI) di Manado dan Tondano. Artinya, kata Sutopo, gempa berintensitas ringan hingga sedang.

Begitu pula di beberapa daerah seperti di Buol berintensitas II SIG BMKG (IV MMI); II SIG BMKG (III-IV MMI) di Tolitoli; II SIG BMKG (III MMI) di Luwuk.

"Diperkirakan gempa tidak menimbulkan kerusakan yang masif. Umumnya dampak gempa merusak jika memiliki intensitas di atas VI MMI (kuat)," terang Sutopo.(OL-3)

Komentar